Hot Topic

PDI-P Serius Calonkan Anies? Tak Ada Kader Yang Mumpuni atau Bagaimana?

 Serius kah PDI Perjuangan akan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta pada Pilkada November 2024?

Pilkada serentak akan berlangsung pada November 2024, namun gema dan perbincangannya sudah berlangsung lumayan lama, begitu kehebohan Pilpres 2024 berlalu paska Keputusan Mahkamah Konstitusi yang memenangkan pasangan Prabowo Gibran sebagai presiden terpilih dan wakil presiden terpilih.

Sempat ada wacana bahwa Pilkada Serentak akan digelar sebelum November 2024, Ketika masih ada Jokowi sebagai presiden, tetapi urung dilakukan, sehingga Pilkada 2024 ini tetap berlangsung sesuai jawal.

Sementara itu nama-nama terkenal seperti Anies Baswedan, mantan gubernur DKI Jakarta yang juga mantan capres 2024 laris manis diperebutkan beberapa parpol seperti PKB, bahkan PDI Perjuangan yang pernah mengusung Ahok pada Pilkada 2017, Dimana saat itu pasangan Ahok Djarot melawan pasangan Anies Sandi dan Agus Harimurti Yudhoyono, Putera sulung mantan Presiden SBY.

Memang mengejutkan dan agak aneh apabila Anies Baswedan diusung oleh PDI Perjuangan, yaitu dilihat dari aspek ideologi. Padahal sejak PDI didirikan, partai berlogo banteng moncong putih ini sangat jelas dalam melaksanakan ideologi nasionalisme berdasarkan Pancasila.

Banyak pengamat yang mengatakan, dan sepertinya sudah menjadi kebiasaan politik, bahwa praktek demokrasi di Indonesia ada istilah politik itu dinamis atau cair, sehingga demi kepentingan sesaat, maka apapun bisa terjadi, termasuk pilihan terhadap figur yang akan dicalonkan, entah itu sebagai calon presiden, wapres, bupati atau gubernur dan jabatan lainnya.

Ahok mengatakan bahwa PDI Perjuangan mengajukan 10 nama untuk diajukan ke DPP PDIP, termasuk Anies Baswedan. Apakah di antara mereka, juga ada nama Basuki Cahaya Purnama?

Menjadi pertanyaan, apakah PDI Perjuangan berniat untuk calonkan Anies karena hingga saat ini karena berdasarkan survey saja? Memang, ternyata elektabilitas Anies masih lebih tinggi daripada Ahok, Ridwan Kamil, Tri Risma Harini alias Bu Risma, Ahmad Sahroni maupun nama lainnya.

Apakah akan ada Anies - Ahok atau Ahok - Anies pada Pilkada Jakarta 2024? (Image: mediaindonesia.com)

Kabarnya, Anies akan dipasangkan dengan kader PDI Perjuangan, sebagai bakal calon wakil gubernur.

Apakah PDI Perjuangan tidak punya kandidat lain yang bisa dipromosikan dengan lebih serius agar bisa melewati hasil survey Anies?

Jika hanya berdasarkan kepentingan praktis saja, demi menang atau asal bukan orangnya Jokowi sebagaimana disebut pada perbincangan para pengamat politik di televisi, maka PDI Perjuangan dianggap tidak mampu mengajukan kadernya sendiri. Mungkinkah fenomena Anies ini hanya cek ombak belaka?

Memang masih ada waktu bagi PDI Perjuangan untuk mengkaji lebih lanjut tentang calon alternatif lainnya, apakah bukan Anies atau bukan Ahok?



Image source:

KPU DKI Pastikan Duet Anies-Ahok di Pilkada 2024 Tidak Bisa Terwujud (mediaindonesia.com)

 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Kanker Paru-Paru: Gejala, Penyebab, Akibat, dan Cara Pencegahannya

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa: Dari Tentara Hingga Masuk Bursa Pilkada Jawa Tengah

Mengejutkan Rekam Jejak Paus Franciscus: Asal Usul, Pendidikan, dan Perjalanan Menjadi Paus

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Indonesia Keren