Hot Topic

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Muncul wacana tentang Pilkada DKI Jakarta yang akan diselenggarakan pada bulan November 2024, kecuali UU Tentang DKI Jakarta, yang dibuat agar Gubernur Jakarta tanpa perlu Pilkada, melainkan ditunjuk langsung oleh Presiden. Namun, karena RUU tersebut belum disahkan, maka besar kemungkinan DKI Jakarta juga akan menyelenggarakan pemilihan gubernur seperti provinsi lainnya, juga kabupaten/kota lainnya. 

Telah muncul nama Ridwan Kamil mantan gubernur Jawa Barat, yang sempat diisukan bakal mendampingi Prabowo Subianto sebagai cawapres pada Pilpres 2024 untuk menghadapi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Ridwan Kamil bahkan sudah memajang baliho terkait "pencalonannya" sebagai gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. 

Selain Ridwan Kamil, muncul pula nama Ahmad Sahroni, kader penting dari Partai NasDem, sampai saat ini adalah anggota DPR RI, dan pernah aktif dalam penyelenggaraan balap motor listrik Formula E ketika Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta. 

Dalam panggung politik Indonesia, nama Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni telah menjadi perbincangan yang tak terelakkan. Keduanya adalah tokoh yang memiliki pengaruh besar, masing-masing dari Partai Golkar dan Partai Nasdem. Ridwan Kamil, yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, dan Ahmad Sahroni, seorang anggota DPR RI, memiliki rekam jejak politik yang patut diperhatikan.

 Ridwan Kamil, atau yang akrab disapa Kang Emil, lahir pada 4 Oktober 1971 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum terjun ke dunia politik, Ridwan Kamil dikenal sebagai arsitek yang sukses. Ia telah berkontribusi dalam banyak proyek pembangunan perkotaan di Indonesia, khususnya di Bandung, yang telah memberinya reputasi sebagai arsitek ternama.

 Ridwan Kamil memulai karier politiknya pada tahun 2013 ketika ia terpilih sebagai Wali Kota Bandung. Sebagai wali kota, Ridwan Kamil terkenal dengan inovasinya dalam membangun kota yang lebih hijau dan berwawasan lingkungan. Ia juga dikenal karena kebijakan-kebijakannya yang pro-rakyat, seperti program kota kreatif dan pengembangan transportasi publik.

 Prestasi Ridwan Kamil dalam memimpin Bandung membawanya kepada pencalonan sebagai Gubernur Jawa Barat pada tahun 2018. Dengan popularitas yang tinggi, Ridwan Kamil berhasil memenangkan pemilihan dan menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat hingga tahun 2023.

 Setelah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memutuskan untuk bergabung dengan Partai Golkar. Keputusan ini menandai langkahnya yang lebih jauh dalam dunia politik nasional. Sebagai anggota Partai Golkar, Ridwan Kamil terus berperan aktif dalam mengawal kebijakan dan pembangunan di Indonesia, bahkan dalam proyek IKN dengan tugas memantau pembangunan IKN dari aspek artsitektur dan lingkungan. 

Ahmad Sahroni lahir di Jawa Tengah dan memulai karier politiknya di tingkat lokal sebelum akhirnya terjun ke politik nasional. Sebelum menjadi anggota DPR RI, Sahroni aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan politik di daerahnya.

 Ahmad Sahroni terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Nasdem. Di parlemen, Sahroni dikenal sebagai sosok yang vokal dan aktif dalam berbagai pembahasan kebijakan. Ia memiliki fokus pada isu-isu seperti kesejahteraan rakyat, pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan ekonomi.

Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni adalah dua tokoh politik yang memiliki rekam jejak yang patut diperhatikan dalam politik Indonesia. Dari pengalaman dan kontribusi mereka, dapat dilihat bagaimana peran individu dapat membentuk arah dan kebijakan negara. Dengan terus berkontribusi dan berperan aktif, keduanya menjadi bagian integral dari proses demokrasi dan pembangunan di Indonesia.


Sampai saat ini belum ada wacana tentang calon gubernur DKI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Pada Pilkada 2017 PDI Perjuangan mencalonkan Ahok dan Djarot namun kalah pada putaran kedua. Sebagaimana diketahui, Pilkada terakhir di DKI Jakarta tersebut diwarnai isu SARA, dan masuknya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Mako Brimob sebagai terpidana kasus penistaan agama, yang masih sangat kontroversial sampai saat ini. 

Benarkah Kaesang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia alias PSI, putera bungsu Presiden Jokowi ini juga akan masuk bursa Pilkada Jakarta 2024, dan diisukan akan berpasangan dengan Ahmad Sahroni.

 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Kanker Paru-Paru: Gejala, Penyebab, Akibat, dan Cara Pencegahannya

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa: Dari Tentara Hingga Masuk Bursa Pilkada Jawa Tengah

Mengejutkan Rekam Jejak Paus Franciscus: Asal Usul, Pendidikan, dan Perjalanan Menjadi Paus

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Indonesia Keren