Hot Topic

Gimmick Calon Presiden 2024: Menarik atau Meresahkan?

 Gimmick Calon Presiden 2024: Menarik atau Meresahkan?

Dalam strategi pemasaran produk atau jasa, selain ada produk dan jenis jasa, maka aka nada narasi atau tagline yang ditampilkan pada iklan yang nantinya dipasang di billboard pinggir jalan, iklan televisi, radio, media cetak, brosur dan sebagainya. Biasanya juga ada gimmick atau gimik. Pada Pemilu Presiden 2024, istilah gimmick ini muncul.

 Prabowo dan Gibran mengusung gimmick "pasangan muda" untuk menarik perhatian generasi muda. Gimmick ini diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti penggunaan media sosial, kampanye kreatif, dan kegiatan sosial. Gimmick dari Prabowo Gibran adalah “Gemoy”, yang dibuat dalam bentuk video, gambar atau photo dan bentuk lainnya. 


Prabowo dan Gibran juga mengusung gimmick "kebangsaan" untuk menarik perhatian pemilih dari berbagai latar belakang. Gimmick ini diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti pernyataan-pernyataan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, dan kegiatan-kegiatan yang mempromosikan persatuan dan kesatuan bangsa.

Prabowo dan Gibran juga menawarkan berbagai kebijakan populis untuk menarik perhatian pemilih. Kebijakan-kebijakan tersebut antara lain, subsidi sembako, penurunan harga BBM, dan pembangunan infrastruktur.

Sementara itu pasangan Anies Baswedan dan Cak Imin menampilkan Gimmick "Gubernur dan Wakil Presiden"

Anies dan Cak Imin mengusung gimmick "gubernur dan wakil presiden" untuk menunjukkan pengalaman mereka dalam pemerintahan. Gimmick ini diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti pernyataan-pernyataan yang menekankan pengalaman mereka dalam mengelola pemerintahan, dan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan kerja sama mereka.

Mereka juga mempromosikan Gimmick "Kebijakan pro-rakyat"  untuk menarik perhatian pemilih. Kebijakan-kebijakan tersebut antara lain, peningkatan kesejahteraan rakyat, pemerataan pembangunan, dan perlindungan lingkungan.

Anies Baswedan dalam posisinya sebagai capres 2024 ternyata masih dikaitkan dengan gaya kampanyenya saat Pilkada Jakarta pada 2017, yaitu tentang politik identitas. Mungkin karena itu pada Pilpres 2024 ini, sepertinya Anies ingin mengubah citra negatif yang masih melekat itu dengan mengusung gimmick "persatuan dan kesatuan" untuk menarik perhatian pemilih dari berbagai latar belakang. 

Gimmick ini diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti pernyataan-pernyataan yang menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan, dan kegiatan-kegiatan yang mempromosikan toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo Mahfud MD atau lebih terkenal dengan nama “Ganjar Mahfud”, ada perbedaan cukup mencolok dengan pasangan Prabowo Gibran dan Anies Cak Imin yang bernuansa populis, maka Ganjar Mahfud tampil dengan gimmick:

 Gimmick "Kebijakan berbasis data". Hal ini menunjukkan komitmen mereka untuk membangun pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Gimmick ini diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti penggunaan data dalam penyusunan kebijakan, dan keterbukaan informasi kepada publik.

Selain itu Ganjar Mahfud juga mengusung gimmick "pemerintahan yang bersih dan berintegritas" untuk menarik perhatian pemilih yang menginginkan perubahan. Gimmick ini diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti pernyataan-pernyataan yang menekankan pentingnya integritas dalam pemerintahan, dan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan komitmen mereka untuk memberantas korupsi.

Secara umum, gimmick yang dipromosikan oleh para calon presiden 2024 memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menarik perhatian pemilih dan meningkatkan elektabilitas mereka. Namun, gimmick yang dipromosikan oleh masing-masing calon presiden memiliki perbedaan dalam hal target sasaran, isi, dan cara penyampaiannya.

Para pemilih yang cerdas tentu akan menentukan pilihan bukan pada gimmick semata, melainkan menelisik lebih dalam pada visi misi yang disampaikan oleh masing-masing pasangan capres dan cawapres, juga akan ditelusuri rekam jejak mereka di masa lalu, apakah terkait prestasi maupun perbuatan dan ucapan yang pernah terjadi, yang diingat Masyarakat maupun yang masih tersimpan dalam jejak digital.



 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren