Hot Topic

Bisikan Untuk Presiden Jokowi Kepada HM Darmizal Pasca Kebakaran di Kampung Pulo, Jakarta Timur

 Jakarta adalah salah satu kota padat penduduk di Indonesia selain Surabaya, Bandung dan Medan. Banyak pemukiman yang belum tertata dengan baik, khususnya dari aspek keamanan, terutama jika terjadi kebakaran. Hal ini dialami warga Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, 25 Desember 2022, terjadi kebakaran di pemukiman padat tersebut. 

Meskipun telah mendapat bantuan bahan makanan, selimut dan pakaian dari pihak Walikota Jakarta Timur serta dinas terkait Provinsi DKI Jakarta, dan para dermawan, namun warga Kampung Pulo saat ini masih berjuang keras untuk merenovasi atau membangun ulang rumah mereka agar bisa dihuni secara layak seperti sebelumnya. 

Hal ini terungkap ketika HM. Darmizal, Ketua Umum Relawan Jokowi atau ReJo melakukan kunjungan sosial ke lokasi kebakaran di Kampung Pulo tersebut. Darmizal, yang merupakan tokoh Minang, ditemani DR. Ahmad Rahmad, politisi dan mantan diplomat bersama relawan lainnya datang untuk memberikan bantuan moral dan kebutuhan warga agar tidak kedinginan di malam hari. Bantuan tersebut dilakukan pada Senin, 23 Januari 2023. 

Seorang ibu Warga Kampung Pulo sambil menangis berbisik kepada HM. Darmizal, Ketum ReJo. Ibu lansia tersebut berpesan kepada Darmizal, agar Presiden Jokowi berkenan untuk mengunjungi warga pasca kebakaran 25/12/2022 (Image: NIC). 

Ketua RT di pemukiman yang terkena musibah kebakaran tersebut menjelaskan kepada HM. Darmizal dan DR. Ahmad Rahmad, bahwa sampai saat ini warga kekurangan dana untuk melakukan renovasi rumah mereka. Bahkan ada warga yang harus merombak total atap rumah mereka hangus terbakar. 

Fakta menarik yang ditemukan oleh HM. Darmizal adalah sebuah ruangan yang digunakan warga setempat untuk belajar mengaji tidak ikut terbakar. Hal ini sangat disyukuri oleh warga karena tempat tersebut merupakan sarana warga, khususnya anak-anak untuk belajar mengaji. 

Saat-saat mengharukan terjadi ketika HM. Darmizal, pengusaha dan tokoh Minang yang punya perhatian besar terhadap warga ini sempat surprise ketika menghibur seorang ibu lansia yang berbisik kepada Darmizal. 

Sambil mengusap pipi Darmizal, ibu berusia lanjut tersebut berbisik agar Darmizal menyampaikan pesannya kepada Presiden Jokowi, bahwa warga sangat berharap agar Presiden Joko Widodo berkenan berkunjung ke Kampung Pulo. 

Ibu tersebut menyampaikan bahwa di tempatnya bermukim saat ini banyak anak-anak yang kesulitan belajar karena rumah mereka belum bisa diperbaiki atau direnovasi mengingat keterbatasan dana. Warga di Kampung Pulo ini pada umumnya mencari nafkah sebagai pedagang kecil, supir odong-odong, pekerja serabutan dan pekerjaan sederhana lainnya. 

HM. Darmizal didampingi Ketua RT Menteng Pulo, sedang memberikan semangat dan motivasi agar warga tabah dan semangat untuk bangkit kembali pasca kebakaran (Image: NIC)

HM. Darmizal menangis haru mendengar bisikan ibu tersebut. Darmizal kemudian mengatakan bahwa pertemuan dengan ibu lansia tersebut, mengingatkan Darmizal pada ibunya di Padang, Sumatera Barat. 

Setelah itu, Darmizal memohon kepada Presiden Jokowi agar meluangkan waktu untuk mengunjungi lokasi kebakaran di Kampung Pulo ini, sehingga semangat warga kembali bangkit, khususnya agar mendapat bantuan untuk renovasi rumah pasca kebakaran yang terjadi pada 25 Desember lalu. 

Salah satu warga mengucapkan terimakasih kepada HM. Darmizal, Ketum ReJo sebelum Darmizal pamitan kepada warga Kampung Pulo untuk aktivitas sosial lainnya (Image: NIC)

Mengakhiri kunjungannya, HM. Darmizal berpesan kepada Ketua RT dan warga supaya tetap tabah dan semangat untuk bangkit dari musibah yang telah terjadi tersebut. Sebelum pergi untuk aktivitas sosial lainnya, HM Darmizal juga menghimbau agar warga Jakarta yang lebih beruntung agar menyisihkan sebagian rejeki mereka untuk meringankan beban warga Kampung Pulo, Jatinegara ini, khususnya agar mereka bisa merenovasi rumah mereka supaya layak huni kembali seperti sebelumnya. 

Berita terkait:

HM. Darmizal Kunjungan Sosial Ke Kampung Pulo

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren