Hot Topic

Ini Alasan Kodam Jaya Kirim Pasukan Jaga RS Polri

Kodam Jaya kembali menunjukkan dukungannya kepada Polri setelah sebelumnya membantu petugas kepolisian dan Satpol PP untuk menurunkan baliho tak berijin di Jakarta dan tempat lainnya. Sejak hari Senin 7 Desember 2020 Pangdam Jaya mengerahkan pasukan untuk menjaga Rumah Sakit Polri atau RS Bhayangkara Tingkat I R. Said di Kramat Jati, Jakarta Timur. Penjagaan ini terkait jenazah enam pengawal Rizieq Shihab yang tewas di KM 50 Tol Jakarta Cikampek pada dinihari, 7/12/2020. 

Menurut cnnindonesia.com (8/12/2020) diterjunkannya pasukan Kodam Jaya ke RS milik Polri itu adalah atas permintaan Polda Metro Jaya. Hal ini dinyatakan oleh Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra, Kapendam Jaya, yang menjelaskan bahwa, "Pelibatan pasukan Kodam Jaya yang disiagakan tersebut atas permintaan dari Polda Metro Jaya dan itu sudah sesuai dengan ketentuan pelibatan bantuan TNI kepada Polri," 

Herwin menegaskan bahwa dukungan tersebut sesuai dengan komitmen Mayjen Dudung Abdurachman, Pangdam Jaya, bahwa Kodam Jaya siap membantu dan mendukung Polda Jaya dalam menegakkan hukum di wilayah Jakarta.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran (kanan) dan Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kiri) (jakarta.tribunnews.com)

Lebih lanjut  Herwin mengutarakan bahwa Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya akan terus mengantisipasi setiap perkembangan situasi keamanan di wilayah ibukota Jakarta. Herwin lalu mengatakan, "Terus solid dalam mengantisipasi setiap perkembangan situasi keamanan dan ketertiban yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," 

Sebagaimana telah diberitakan berbagai televisi nasional maupun media online, enam jenazah laskar pengawal Rizieq Shihab tewas ditembak ketika bentrok dengan aparat kepolisian di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada dini hari, Senin (7/12/2020).

Pengamanan oleh Kodam Jaya karena tim forensik Polri masih melakukan pemeriksaan terhadap jenazah pengawal Ketua FPI, Rizieq Shihab. Hal ini dikatakan oleh Brigadir Jenderal Awi Setiyono, Karo Penmas Polri. Ketika dikonfirmasi cnnindonesia.com pada 8 Desember 2020 Awi mengatakan bahwa, "Iya masih di RS Polri Kramat Jati, belum selesai pemeriksaan kedokteran, forensiknya," 

Sesuai prosedur, jenazah ke enam pengawal Rizieq Shihab itu diperiksa secara kedokteran forensik sebelum jenazah mereka diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. 

Artikel lainnya: 

Tentang Situasai & Kondisi Indonesia Terkini 


Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren