Hot Topic

Bareskrim Polri tolak permohonan Iqlima Ayu terkait kasus Soni Eranata alias Uztadz Maaher

Iqlima Ayu istri Soni Eranata alias Uztadz Maaher At-Thuwailibi mengajukan permohonan penangguhan penahanan untuk suaminya tersebut. Soni ditahan Polri karena kasus ujaran kebencian. Selain Ayu, ada sembilan kiai yang ikut memohon pengajuan penangguhan penahanan. Permohonan tersebut ditolak oleh Polri. 

Para Kiai yang ikut mengajukan permohonan terhadap Polri adalah Gus Ismail, Kiai Zaenal Arifin, Kiai Barkah, Kiai Siroj Ronggolawe, Kiai Abd Mudjib, Kiai Saifudin Aman, Kiai Marzuqi, Gus Mustain dan Muhammad Rofi'i Mukhlis. 

Namun Bareskrim Polri tidak mengabulkan permohonan penangguhan pernahanan tersebut, sehingga Soni Eranata yang ditahan karena diduga melakukan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). 


Soni Eranata alias Uztadz Maaher menangis (terkini.id)

Soni Eranata yang lebih dikenal dengan nama Uztadz Maaher diduga telah melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE. 

Menurut laporan nasional.kompas.com (30/12/2020) sebagaimana dilansir dari Kantor Berita Antara, Brigjen Pol Rusdi Hartono, Kepala Biro Penerangan Divhumas Polri mengatakan bahwa, "Sampai saat ini Bareskrim Polri tidak melakukan penangguhan terhadap tersangka," 

Polisi menahan Maaher yang juga bernama Soni Eranata tersebut diduga telah melakukan ujaran kebencian  atau penghinaan kepada Habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Iqlima Ayu istri dari Soni berharap agar Maaher dapat dibebaskan setelah siap menjaminkan dirinya sebagai upaya penangguhan penahanan kepada penyidik Bareskrim Polri.

Sementara itu cirebonraya.pikiran-rakyat.com (29/12/2020) melaporkan pula bahwa kasus yang menjerat Maaher berawal dari ciutannya di laman Twitternya, pada akunnya @ustadzmaaher_. 

Dia mengunggah foto Habib Luthfi disertai tulisan ‘Iya tambah cantik pake jilbab kayak kiainya Banser ini ya’.

Sebagaimana telah dikabarkan oleh berbagai media online dan televisi nasional Soni Eranata alias Maaher ditangkap tim penyidik  penyidik Bareskrim Polri pada pukul 04.00 WIB, Kamis, 3 Desember 2020. Dia ditangkap di kediamannya di Bogor, Jawa Barat. 

Menurut situs fotokita.grid.id (30/11/2020) Nama Maaher At-Thuwailibi mencuat saat ia berselisih dengan artis Nikita Mirzani. Soni Eranata mengaku tersinggung dengan ucapan Nikita yang dianggap merendahkan Habib Rizieq Shihab. Sebagaimana diketahui Nikita Mirzani artis dan penulis buku The Naked ini menyebut Muhammad Rizieq Shihab alias MRS sebagai Tukang Obat. 

Soni Eranata alias Maaher dalam videonya bahkan mengancam Nikita akan mengerahkan 800 laskar untuk menggruduk rumah Nyai Nikita presenter, yang juga seorang single parent dengan tiga orang anak ini. Banyak orang bersimpati terhadap Nikita, sehingga ada komunitas yang mendeklarasikan Laskar Nikita Mirzani. 

Nikita Mirzani dan Soni Eranata alias Uztadz Maaher (indonesiakininews.com)

Belum lama ini situs terkini.id (6/12/2020) melaporkan pula tentang video Soni Eranata yang sedang menangis meminta maaf dan mengaku ingin mencium tangan Habib Luthfi. Video tersebut beredar luas di media sosial. 

Maaher mengaku bahwa sebelum ditangkap polisi sudah berniat menemui Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. Dia merasa tidak punya perasaan dengan Habib Luthfi dan amat menghormatinya.

Juga perlu dibaca: 

Terungkap Obrolan Bu Risma Dengan Pemulung Kali Ciliwung


LASKAR NIKITA MIRZANI


Rizieq Shihab Kena Pasal Berlapis


Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren