Hot Topic

Barung Bangkung Ngelawang, seni pertunjukan keliling khas Bali

Ada banyak tradisi, budaya dan kesenian unik di Bali, dan tidak semua bisa disaksikan oleh wisatawan. Anda barangkali sudah pernah menyaksikan tari Barong, Kecak atau Joged Bungbung di kawasan wisata seperti GWK atau Garuda Wisnu Kencana, Pura Uluwatu atau Batubulan dan Ubud. Ada sebuah tarian yang hanya muncul pada hari raya tertentu seperti Tari Barong Bangkung. Ada juga yang menyebutnya sebagai Barong Nungkling.
Bali, Tari Bali, Barong Bangkung, Ngelawang, Galungan, Kuningan, Liburan di Bali, budaya Bali, Pura, Tari Rejang
Tari Rejang. Image: negerikuindonesia.com

Tari Barong Bangkung biasanya dipertunjukan keliling desa atau sering disebut Ngelawang. Kata Ngelawang bisa diterjemahkan sebagai Ngamen. Tari Barong Bangkung ini memang unik dan disenangi oleh anak-anak di desa. Tarian ini diiringi dengan gamelan yang sangat dinamis, namun dengan instrumen sederhana. Mungkin anda bisa bandingkan dengan Tari Barongsai yang muncul pada saat Imlek. 
Bali, Tari Bali, Barong Bangkung, Ngelawang, Galungan, Kuningan, Liburan di Bali, budaya Bali, Pura, Tari Rejang
Barong Bangkung Ngelawang. Image: infobagussite.wordpress.com

Sekadar informasi, di Bali ada dua kategori seni, yaitu seni pertunjukan untuk hiburan, dan Tarian Sakral seperti Tari Baris Gede, Tari Rejang dan Tari Topeng Sidakarya. Tari Sakral hanya dipertunjukkan pada saat ada upacara adat atau upacara agama Hindu, baik yang diselenggarakan di Pura atau rumah masyarakat Bali yang sedang menyelenggarakan upacara atau Yadnya misalnya upacara yang merupakan bagian dari rangkaian upacara Ngaben atau ketika ada odalan di Pura keluarga. 
Bali, Tari Bali, Barong Bangkung, Ngelawang, Galungan, Kuningan, Liburan di Bali, budaya Bali, Pura, Tari Rejang
Topeng Sidakarya. Image: balichauffeur.com

Anda bisa menyaksikan tari yang memang khusus untuk hiburan seperti Tari Kecak, Ramayana dan Tari Barong. Jika anda sedang beruntung, barangkali ada warga Bali yang mengundang anda untuk menghadiri upacara di rumahnya, sehingga anda bisa menyaksikan tari sakral seperti Tari Topeng Sidakarya. Tari Rejang bisa anda saksikan di Pura Desa dan Pura lainnya. Tarian ini sangat indah. 
Bali, Tari Bali, Barong Bangkung, Ngelawang, Galungan, Kuningan, Liburan di Bali, budaya Bali, Pura, Tari Rejang
Tari Baris Gede. Image: panbelog.wordpress.com
Pada kesempatan lain, kita akan sambung dengan artikel lain yang berkaitan dengan seni budaya Bali, dan akan kami tautkan video, misalnya tari-tarian sakral yang langka. 

Pada kesempatan ini, mari kita saksikan video Tari Barong Bangkung terlebih dahulu karena jarang bisa disaksikan, kecuali pada suasana Hari Raya Galungan dan Kuningan. Siapa tahu anda liburan ke Bali di suasana Hari Raya tersebut, pasti sangat menyenangkan. 


Ayo saksikan Tari Barong Bangkung sebelum anda pergi ke Bali untuk menikmati liburan dan adventure bersama keluarga, para sahabat dan orang-orang yang anda cintai. Let's holiday & enjoy fantastic adventure in Bali, the Last Paradise. 


Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren