Hot Topic

Hati-hati makan ikan buntal karena racunnya mematikan

Ikan buntal telah memakan korban, ada 8 orang yang keracunan karena makan ikan buntal di Lumajang, Jawa Timur, empat diantaranya tewas. Ikan buntal adalah makanan eksotik, konon ikan ini lezat, namun dibutuhkan keahlian khusus untuk memotong dan memasaknya, bahkan dibutuhkan sertifikat untuk bisa menjadi chef atau koki, khsususnya di Jepang. Apakah anda tertarik mencoba hidangan eksotis ini? 

Empat remaja Lumajang yang meninggal karena keracunan ikan mematikan itu tentu tidak tahu bagaimana cara memasaknya. Ikan buntal atau disebut pula sebagai ikan fugu, dan mengandung racun yang disebut Tetrodotoksin (TTX). Dosis mematikan racun ikan buntal bagi manusia diperkirakan 2 mg TTX. 
ikan buntal, ikan fugu, bahaya ikan buntal, racun ikan buntal, mati makan ikan buntal, koki Jepang,
Masakan ikan buntal di restoran Uosho, Jepang. Image: halalmedia.jp
Sejak dahulu kala ikan buntal memang dikenal sebagai ikan yang berbahaya, namun di Jepang ada tukang masak yang begitu ahli, sehingga bisa diolah menjadi hidangan lezat tanpa terkena dampak racun yang konon bisa membunuh lebih cepat daripada sianida itu. 

Di Jepang, hanya orang yang punya banyak uang dan berani mengambil risiko yang akan rela membayar mahal untuk mendapatkan kenikmatan lezatnya ikan buntal. Pemerintah Jepang tidak bisa melarang masyarakatnya untuk memakan ikan fugu atau buntal ini. Karena itulah pemerintah di negeri Sakura ini mengawasi para chef yang khusus memasak ikan buntal ini dengan sangat ketat. 
ikan buntal, ikan fugu, bahaya ikan buntal, racun ikan buntal, mati makan ikan buntal, koki Jepang,
Ikan buntal. Image: ampenannews.com

Koki di Jepang yang memasak ikan buntal ini dibayar 1 juta rupiah setelah selesai memasak ikan buntal ini. Chef atau koki tersebut sudah terlatih dan harus memiliki sertifikat. Hidangan eksotis ini memang hanya untuk para pemberani dan memiliki uang banyak. 
ikan buntal, ikan fugu, bahaya ikan buntal, racun ikan buntal, mati makan ikan buntal, koki Jepang,
Koki ikan buntal di Jepang. Image: kaskus.co.id
Peristiwa mengenaskan yang mengakibatkan kematian yang terjadi di Lumajang ini bukan kejadian pertama karena di Brazil ada sebuah keluarga  beranggota 11 orang tewas akibat diberi ikan buntal oleh seorang teman setelah memancing pada oktober 2015. Karena itulah pemerintah daerah di Indonesia seharusnya memberikan pengarahan dan sosialisasi tentang bahaya ikan buntal ini. Penting juga di sekolah para guru biologi memberikan informasi tambahan tentang ikan maut ini. 

Apakah anda masih tertarik untuk wisata kuliner ke Jepang dan mencari hidangan lezat ikan buntal? Jika ya, di negeri matahari terbit ini ada sebuah restoran yang telah berusia lebih dari 112 tahun yang menyediakan masakan ikan buntal. Apabila anda ragu, anda tidak perlu mencobanya, karena masih ada hidangan lain yang tidak akan membuat anda deg-degan bila liburan ke Jepang, kecuali harganya yang mahal. 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren