Hot Topic

Jokowi, presiden baru, a new hope for Indonesia

presiden indonesia baru, Jokowi presiden baru, JK wakil presiden, pelantikan presiden baru, Indonesia hebat, koalisi merah putih, koalisi Indonesia Hebat, #presidenjokowi
Jokowi mengucapkan pekik “Merdeka” setelah pidato kenegaraan pertama.
 Image: news.detik.com
Pada 20 Oktober 2014, hari Selasa Joko Widodo atau Jokowi bersama Jusuf Kalla atau JK, masing-masing telah mengucapkan sumpah dan janji sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. Setelah mengucapkan sumpah dan janjinya sebagai presiden Indonesia ke 7, Jokowi berpidato untuk pertama kali sebagai presiden. Jokowi mengajak seluruh rakyat dan semua komponen bangsa untuk bergotong royong serta bekerja keras untuk membangun Indonesia. 

Pelantikan Jokowi yang juga dihadiri SBY, presiden sebelumnya merupakan peristiwa bersejarah dan harus menjadi tradisi baru untuk demokrasi Indonesia sejati. Yang menarik, Jokowi menyapa Prabowo Subianto, rivalnya pada pilpres Juli 2014, juga menyapa Hatta Rajasa. Prabowo dengan spontan yang khas langsung berdiri dan memberi hormat secara militer kepada Jokowi, seperti pertemuan mereka di rumah almarhum Profesor Soemitro Djojohadikusumo. Semoga sikap Prabowo juga ditiru oleh politisi lain yang ada di KMP (Koalisi Merah Putih). Sungguh merupakan sikap simpatik, yang patut menjadi perhatian seluruh pemimpin di negeri ini, bahwa Indonesia harus bersatu dan bahu membahu membangun bangsa besar ini. Rakyat sudah lelah dengan berbagai ketegangan selama ini.

Pelantikan Jokowi dan JK yang juga dihadiri oleh para kepala negara dan kepala pemerintahan serta para utusan berbagai negara ini memang terasa berbada dibandingkan prosesi pelantikan presiden SBY, apalagi presiden Indonesia sebelumnya. Di luar gedung MPR, dimulai dari kawasan kampus Universitas Atmajaya di Jembatan Semanggi, ribuan rakyat dan relawan telah memenuhi jalanan untuk mengikuti pesta rakyat atau syukuran atas pelantikan Jokowi dan JK sebagai presiden dan wapres baru.
presiden indonesia baru, Jokowi presiden baru, JK wakil presiden, pelantikan presiden baru, Indonesia hebat, koalisi merah putih, koalisi Indonesia Hebat, #presidenjokowi
Jokowi JK siap membangun Indonesia dengan semangat baru. Image: tempo.co

Usai pelantikan, ada pesta Syukuran Rakyat di sepanjang Jalan Sudirman sampai Buderan HI sampai Istana Negara. 

Pada malam harinya, di Monumen Nasional kita bisa menyaksikan konser “Salam 3 Jari” yang juga akan dimeriahkan Arkarna, sebuah band musik rock dari Indonesia bersama Slank dan ratusan artis Indonesia lainnya. Ini merupakan bukti kegembiraan politik Jokowi untuk menyambut Indonesia baru dengan sebuah harapan baru, (A New Hope, sampul Time Magazine). Twitter pun ramai dengan trending topik untuk menyambut pelantikan Jokowi sebagai presiden hastag #presidenjokowi dan telah menjadi trending topik nomor 1 di dunia. 

Di sepanjang jalan juga telah tersedia berbagai hidangan gratis seperti bakso, siomay dan sebagainya. Belum pernah terjadi keterlibatan masyarakat yang begitu besar dalam sejarah pelantikan seorang presiden di Indonesia. Memang benar, pemilihan presiden Indonesia yang terjadi pada Juli 2014 memang telah menjadi proses demokrasi dengan partisipasi luar biasa, dimana muncul ribuan relawan dan “sadarnya” para golput yang akhirnya ikut memilih, bahkan banyak yang menjadi relawan Jokowi.

Pidato kenegaraan pertama Jokowi


Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan sebagai berikut: “Baru saja kami Jokowi-JK mengucapkan sumpah yang menegaskan komitmen bekerja keras mencapai kehendak kita besama sebagai bangsa yang besar. Ini saatnya kita menyatukan hati dan tangan, melanjutkan sejarah berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan juga di bidang budaya," ujar Jokowi dalam pidato kenegaraannya yang pertama di gedung MPR.
presiden indonesia baru, Jokowi presiden baru, JK wakil presiden, pelantikan presiden baru, Indonesia hebat, koalisi merah putih, koalisi Indonesia Hebat, #presidenjokowi
Jokowi “A New Hope” for Indonesia, sampul majalah Time. Image: merdeka.com


Jokowi meyakini dengan dukungan rakyat, semangat persatuan dan kesatuan bangsa, tiga tujuan utamanya dalam memimpin negara akan terwujud. "Dipikul bersama dengan persatuan, gotong-royong dan kerja keras, saya yakin negara ini akan kuat," ucap Jokowi.

Pada akhir pidatonya Jokowi mengajak para nelayan, buruh, petani, pedagang bakso, asongan, sopir, akademisi, guru, TNI, Polri, pengusaha, dan kalangan profesional, untuk bekerja keras bahu-membahu, bergotong-royong, karena inilah momen sejarah bagi kita semua untuk bekerja, bekerja, dan bekerja.

Jokowi menyebut nelayan terlebih dahulu sebelum menyebutkan profesi dan komponen bangsa lainnya merupaka penegasan bahwa Jokowi akan memenuhi komitmennya di masa kampanye untuk membangun samudra, laut, selat, dan teluk-teluk di seluruh Indonesia. Jokowi mengingatkan bahwa telah begitu lama bangsa dan pemerintah Indonesia lebih beroientasi ke darat daripada ke laut. Dia mengingatkan bahwa Indonesia akan jaya bila negara punya perhatian pada pembangunan maritim atau kelautan di Indonesia, bukan hanya membangun di wilayah daratan. Kata Jokowi, kita telah lama memungungi lautan. Kini saatnya sampai lima tahun ke depan Indonesia bisa membangun kelautan, dan ingatlah semboyan “Jalesveva Jayamahe” atau Di Laut Kita Jaya.

Jokowi juga menyebutkan bahwa Indonesia akan membangun Indonesia dengan baik karena Indonesia adalah bangsa yang kreatif, sehingga Indonesia akan bisa menjadi bangsa yang membangun ekonomi secara kreatif. Dengan potensi besar di industri kreatif, maka ekonomi Indonesia bisa lebih kuat karena tidak hanya mengandalkan sumber daya alam.
presiden indonesia baru, Jokowi presiden baru, JK wakil presiden, pelantikan presiden baru, Indonesia hebat, koalisi merah putih, koalisi Indonesia Hebat, #presidenjokowi
Jokowi akrab dengan Prabowo, awal Indonesia Baru. Image: solopos.com

Kini saatnya, para relawan, para pendukung partai politik apapun dan semua koalisi di parlemen, baik Koalisi Indonesia Hebat (KIH) maupun Koalisi Merah Putih (KMP), begitu pula ormas-ormas di seluruh Indonesia harus bersatu bersama Jokowi JK untuk membangun Indonesia Hebat dengan semangat Merah Putih dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan berpegangan semangat Bhineka Tunggal Ika. Dengan semangat persatuan, maka Indonesia benar-benar akan menjadi negara merdeka yang sejahtera dan berwibawa seperti bangsa dan negara maju lainnya. 

Semua pihak yang mengaku akan menjadi penyeimbang harus membuktikan kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwa mereka akan mengkritisi pemerintah dengan cerdas dan siap memberikan solusi, bukan hanya kritik belaka. Mereka harus ingat, bahwa kesejahteraan dan persatuan Indonesia jauh lebih penting daripada menyimpan dendam hanya ingin menjatuhkan satu sama lain. Rakyat sudah siap untuk bekerja keras, maka para elite politik dan ormas, begitu juga para pengamat harus menjadi penyeimbang yang adil, bukan asal kritik dan mencemooh belaka. Jokowi sebagai presiden Indonesia membutuhkan kritik dan sekaligus solusi. 

Semoga Jokowi dan JK juga akan didampingi para menteri yang jujur, profesional dan siap bekerja keras untuk membangun Indonesia. 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren