Hot Topic

Suksesi Damai RI 1 dan DKI 1

22 Juli 2014, Ahok, calon pendamping Ahok, DKI 1, Jokowi presiden baru, Jusuf Kalla wapres baru, pengumuman KPU, presiden baru, RI 1, wagub DKI baru, salam 3 jari
Jokowi JK pemimpin baru dengan "Salam 3 Jari". Image: nasional.kompas.com
 Pada 22 Juli 2014, Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan Jokowi JK sebagai presiden baru untuk memimpin Indonesia dari 2014 - 2019. Setelah lebaran, Jokowi akan mundur sebagai Gubernur DKI, maka Ahok akan lebih cepat dilantik sebagai Gubernur Jakarta.

Pada pidato kemenangannya di geladak kapal pinisi "Hati Buana Setia", di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Jokowi meminta seluruh rakyat Indonesia untuk "Gerak Bersama" membangun Indonesia. Pidato tersebut diakhiri dengan Salam Tiga Jari sebagai simbol "Persatuan Indonesia". Indonesia kini telah punya presiden baru yang ke 7, dan akan dilantik pada 20 Oktober 2014 untuk menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Joko Widodo atau Jokowi adalah gubernur pertama Indonesia yang dicalonkan sebuah partai besar sebagai capres RI untuk menjadi RI 1 ke 7, dan Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK), mantan Wapres di era pemerintahan SBY yang pertama. 

Berdasarkan Quick Qount dan Real Count, dan di saat-saat akhir perhitungan di Komisi Pemilihan Umum, pasangan Jokowi JK dipastikan akan menjadi presiden dan wakil presiden baru di era reformasi ini. Meskipun nanti akan ada "gangguan" seperti gugatan dari pihak Prabowo - Hatta ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menyangkal pengumuman KPU pada 22 Juli 2014 atau sesudahnya, Jokowi JK adalah pemimpin baru dari 2014 sampai dengan 2019, dan Indonesia akan memulai awal baru. 


Jokowi presiden baru, Jusuf Kalla wapres baru, RI 1, DKI 1, Ahok, calon pendamping Ahok, wagub DKI baru, pengumuman KPU, 22 Juli 2014, presiden baru
Ahok, Gubernur Jakarta baru. Image: suarajakarta.co
Begitu pula Jakarta akan memiliki Gubernur baru, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menjadi Gubernur DKI alias DKI 1 setelah Jokowi JK dilantik sebagai RI 1 dan RI 2 pada 20 Oktober 2014. Jakarta akan memulai era baru, begitu pula Indonesia sebagai sebuah negara. 

Jakarta dipastikan akan mendapatkan perhatian lebih baik dari pemerintah pusat dibandingkan era sebelumnya, karena Jokowi sebagai "mantan" Gubernur DKI tidak akan melupakan Jakarta, sehingga koordinasi antara "kabinet Jokowi" dengan Pemda DKI bisa berjalan lebih mulus daripada sebelumnya. 

Siapakah calon pendamping Ahok sebagai wakil gubernur baru?


Jokowi presiden baru, Jusuf Kalla wapres baru, RI 1, DKI 1, Ahok, calon pendamping Ahok, wagub DKI baru, pengumuman KPU, 22 Juli 2014, presiden baru
Istana Merdeka untuk presiden baru. Image: wikipedia.org
Berbagai sektor penting di Jakarta yang selama ini diabaikan atau ditunda-tunda prosesnya oleh pemerintah pusat, maka berkat Jokowi sebagai presiden, Ahok sebagai gubernur akan lebih lancar dalam menjalankan pemerintahannya, dan bisa membangun DKI sebagai kota metropilitan yang lebih beradab dan berbudaya. Ahok juga bisa lebih fokus untuk membenahi birokrasi, termasuk proses pelayanan kepada masyarakat maupun kepada pengusaha yang ingin berbisnis di ibu kota ini. 

Untuk mewujudkan impian tentang Jakarta Baru yang lebih baik, dan Indonesia sejahtera tersebut memang dibutuhkan dukungan dari seluruh rakyat di DKI maupun seluruh Indonesia. Sebagaimana dihimbau oleh para ulama, para cendekiawan, dan ditegaskan pula oleh presiden SBY bersama berbagai lembaga tinggi negara ini supaya proses suksesi yang akan ditentukan dengan penetapan Presiden dan Wakil Presiden baru pada 22 Juli 2014 oleh KPU, haruslah berjalan aman dan damai, dan pihak yang kalah bisa menerima keputusan KPU dengan legowo, iklas dan kesatria.  
Jokowi presiden baru, Jusuf Kalla wapres baru, RI 1, DKI 1, Ahok, calon pendamping Ahok, wagub DKI baru, pengumuman KPU, 22 Juli 2014, presiden baru
Balai Kota Jakarta. Image: wartaekonomi.co.id


Undang-undang di negara ini memang memberi peluang untuk gugatan oleh pasangan capres yang kalah untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi, namun Mahfud MD sebagai orang penting dalam Tim Sukses Prabowo Hatta telah mengingatkan, bahwa setiap proses hukum ke MK atau penegak hukum lainnya tidak perlu dilakukan, mengingat selisih suara yang cukup lebar antara pemenang dengan yang kalah. 

Masyarakat juga telah lelah dengan hiruk-pikuk politik, apalagi bila sampai terjadi demonstrasi yang dilakukan dengan keras atau mengarah pada kerusuhan. Jika pihak yang kalah segera mengucapkan selamat kepada pemenang dan mengakui kemenangan tersebut dengan legowo, maka pihak yang kalah akan mendapat pujian nasional dan internasional sebagai pemimpin politik yang memiliki jiwa besar, dan spirit negarawan sejati. 
Jokowi presiden baru, Jusuf Kalla wapres baru, RI 1, DKI 1, Ahok, calon pendamping Ahok, wagub DKI baru, pengumuman KPU, 22 Juli 2014, presiden baru
Damai, kembali bersatu untuk NKRI. Image: setkab.go.id

Para relawan yang telah secara militan mendukung pemenang sebaiknya mengekspresikan kemenangan dengan bersyukur secara elegan, sehingga tidak perlu melakukan perayaan yang berlebihan. Begitu pula para relawan dan pendukung dari pihak yang belum menang supaya legowo, dan tidak melakukan kegiatan yang merugikan. 

Rekonsiliasi menjadi penting setelah pengumuman KPU pada 22 Juli 2014 ini, karena rakyat Indonesia ingin segera memulai hidup baru untuk bekerja, berkarya, berusaha, belajar dan melaksanakan kewajiban masing-masing, sehingga Indonesia segera bangkit menjadi Indonesia yang lebih jaya, sejahtera dan bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain yang lebih maju. 

Apakah PDI Perjuangan sudah punya calon pendamping Ahok? Siapakah calon wakil gubernur atau wagub DKI jika Ahok menjadi DKI 1? Semoga Ahok mendapatkan pasangan yang tepat dan bisa saling dukung sebagaimana halnya Jokowi Ahok yang telah memimpin Jakarta dengan kompak dan saling mengisi satu sama lain. 



Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren