Hot Topic

Mengawal kemenangan suara rakyat

Di tengah penolakan hasil quick count yang kredibel atas kemenangan Jokowi JK dari kubu Prabowo Hatta, sangat wajar bila hasil pencoblosan pada pilpres 9 Juli 2014 memang sangat wajar untuk dikawal sampai dihitung resmi olah KPU. 

kegembiraan politik,  Jokowi JK menang, quick count, Jokowi menuju istana, jokowi menang, revolusi harmoni, indonesia pintar, indonesia sehat
Jokowi JK menuju kemenangan. Image: indonesia-baru.liputan6.com
Berdasarkan hasil hitung cepat (Quick Count) yang menjalankan penghitungan cepat berdasarkan integritas dan kredibilitas yang baik, dan sesuai standar ilmiah ternyata menunjukkan kemenangan untuk pasangan capres cawapres Jokowi JK. 

Di hadapan ribuan pendukungnya Jokowi mengumumkan kemenangan Jokowi JK di Tugu Proklamasi, Jakarta, pada 9 Juli 2014 dengan menyebutkan hasil dari berbagai lembaga survey tersebut. Jokowi juga mengucapkan banyak terimakasih kepada para relawan, kader, dan simpatisan. Jokowi pun menyatakan bahwa kemenganan pada pencoblosan pilpres 2014 ini sebagai kemenangan seluruh rakyat Indonesia, bahkan Jokowi juga memuji media dan SBY yang telah mengawal pilpres 2014 ini dengan baik, sehingga berjalanan lancar, aman dan damai.

Deklarasi Jokowi atas kemenangan versi quick count tersebut, bukan hanya dilipiut oleh media lokal, ternyata ada banyak media internasional termasuk Al Jazeera, yang juga telah meliput konser Salam 2 Jari di Gelora Bung Karno.
kegembiraan politik,  Jokowi JK menang, quick count, Jokowi menuju istana, jokowi menang, revolusi harmoni, indonesia pintar, indonesia sehat
Kegembiraan politik di Monas. Image: baranews.com

 Lebih lanjut Jokowi mengingatkan, bahwa, "Tugas kita semuanya adalah mengawal hasil pemilu hari ini. Kita harus kawal dan kita harus pastikan tidak ada intervensi dari manapun,". Pada kesempatan tersebut dengan kesatria Jokowi juga mengapresiasi pasangan Prabowo Subianto Hatta Rajasa karena telah berkontribusi sehingga demokrasi bisa berjalan dengan baik.

Pada deklarasi yang sangat ramai itu, Jokowi juga bertanya kembali kepada seluruh rakyat Indonesia, "Oleh sebab itu bapak-bapak dan ibu-ibu sebangsa dan setanah air, Indonesia telah menentukan arahnya. Apakah ingin Indonesia yang rakyatnya pintar? Rakyatnya sejahtera? Maka ini adalah sebuah babak baru Indonesia,". Pertanyaan tersebut disambut dengan gegap gempita oleh seluruh yang hadir. Sebagaimana kita ketahui pada visi dan misi Jokowi JK memang mempunyai program Indonesia Pintar dan Indonesia Sehat. Rakyat DKI Jakarta telah menikmati program yang serupa yang terkenal dengan sebutan Jakarta Pintar dan Jakarta Sehat.

Di tengah kekhawatiran terjadinya intimidasi dan politik uang, pemilu kali ini memang telah berjalan dengan lancar, meskipun diwarnai ketidak puasan para pemilih yang tidak berhasil memilih karena alasan sepele seperti sulitnya mendapat formulir A5, dan ketidak nyamanan pencoblosan di Hong Kong dan Amerika Serikat. Karena itulah sangat wajar jika ada yang masih khawatir akan terjadinya manipulasi penghitungan suara di tingkat kelurahan dan seterusnya.

kegembiraan politik,  Jokowi JK menang, quick count, Jokowi menuju istana, jokowi menang, revolusi harmoni, indonesia pintar, indonesia sehat
Kegembiraan politik, revolusi harmoni. Image: tubagusranggaefarasti.blogspot.com
Jokowi pun meminta supaya surat suara dikawal dan terjamin sampai menjadi hasil perhitungan di KPU pada 22 Juli 2014. Kata Jokowi adalah, "Tugas kita semuanya adalah mengawal hasil pemilu hari ini. Kita harus kawal dan kita harus pastikan tidak ada intervensi dari manapun," Kemenangan rakyat ini harus aman dan kita harapkan KPU, Bawaslu, Panwaslu, Polri dan TNI akan tetap netral, sehingga hasil perhitungan menjadi aman dan sesuai dengan hasil pencoblosan 9 Juli 2014.

Rakyat Indonesia telah berpartisipasi dengan sangat antusias untuk mencoblos, maka sudah sewajarnya semangat mereka bisa berlanjut untuk kembali bisa bekerja dan beraktivitas sehari setelah 9 Juli, dan menantikan pengumuman perhitungan suara secara resmi dari KPU pada 22 Juli 2014 - tanpa hura-hura berlibihan dari pendukung sang pemenang, dan tanpa huru-hara dari pihak yang kalah. Rakyat sudah lelah dengan keributan, apalagi ada bentrokan antar pendukung. Rakyat ingin suasana damai dan lebih adem setelah pemilu.

Mari kita dukung hasil survey dan quick count yang kredibel yang masih punya integritas secara intelektual dan ilmiah. Rakyat Indonesia sudah sangat cerdas untuk bisa menilai, siapa yang benar-benar melakukan tugas quick count yang memenuhi standar ilmiah.

Semoga Indonesia sukses melalui era baru dengan presiden baru yang merakyat dan siap memberikan bukti bukan janji. Jokowi JK akan punya kesempatan besar, dengan dukungan seluruh rakyat Indonesia yang sangat membutuhkan terjadinya perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. Rakyat telah menikmati "kegembiraan politik", dan jangan sampai ada yang pihak-pihak lain yang mengubahnya menjadi kesedihan, apalagi ketakutan politik.

Silahkan baca artikel di blog ini dengan judul "Jokowi is a new hope for Indonesia" dan 
"Jokowi , a new inspiration from Indonesia". Untuk menyambut era baru di jaman digital ini. 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren