Hot Topic

Prabowo inginkan Soeharto sebagai pahlawan nasional, aktivis 98 sedih, apa komentar Amien Rais?

capres Prabowo, rezim Soeharto, penculikan aktivis, aktivis 98, Adian Napitupulu, Titiek Soeharto, korupsi, Amien Rais,
Keluarga besar Soeharto. Image: newzflazz.blogspot.com
Barangkali capres Prabowo Subianto lupa bahwa salah satu tujuan demonstrasi mahasiswa bersama aktivis 1998, bukan hanya untuk reformasi, namun juga untuk menurunkan Soeharto dari jabatannya sebagai presiden. 

Karena sangat sulit untuk melakukan reformasi dan menjadikan demokrasi sebagai jalan menuju Indonesia makmul dan adil, jika Soeharto masih menjabat sebagai presiden, meskipun Soeharto mengganti kabinet. Soeharto dianggap sebagai diktator yang menyalahgunakan Pancasila sebagai kedok, dan selama 32 tahun pemerintahannya banyak terjadi pelanggaran hak asasi manusia, mengekang kebebasan pers, dan menjadikan MPR dan DPR hanya sebagai tukang stempel belaka, meskipun ada tiga partai. 
Adian Napitupulu, aktivis 98, Amien Rais, capres Prabowo, korupsi, penculikan aktivis, rezim Soeharto, Titiek Soeharto, piye kabare
Spanduk Komunitas Piyekabare. Image: nasional.kompas.com

Pemilu pada jaman Soeharto pun hanya basa-basi karena sudah pasti Golkar yang menang. Sementara itu, Prabowo berjanji kepada Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI untuk menjadikan Soeharto yang juga mantan mertuanya itu sebagai pahlawan nasional - ketika Prabowo hadir pada rapat pimpian forum tersebut tanggal 3 Juni 2014. 

capres Prabowo, rezim Soeharto, penculikan aktivis, aktivis 98, Adian Napitupulu, Titiek Soeharto, korupsi, Amien Rais,
Titiek Soeharto dan Prabowo. Image: foto.news.viva.co.id
Menurut jpnn Prabowo mengatakan sebagai berikut: "Jika saya terpilih sebagai presiden, kita akan perjuangkan Pak Harto jadi pahlawan nasional. Saya ngomong begini bukan karena ada Titiek," kata Prabowo yang disambut tepuk tangan peserta Rapimnas FKPPI. Dalam acara tersebut, keduanya bahkan tampak duduk bersebelahan. 

Apa komentar Amien Rais tentang usulan kontroversial dari Prabowo di tengah sengitnya kampanye pilpres 2014 ini? 

Sebagaimana dikutip dari nasional.kompas.com, Prabowo Subianto, mengaku kagum pada sosok presiden kedua RI Soeharto. Oleh karena itu, ia dan partai-partai pendukung koalisinya bertekad akan menjadikan Soeharto sebagai pahlawan nasional.

Direktur Riset Saiful Mujani Research Consulting Djayadi Hanan mengatakan bahwa dengan membawa Soeharto dalam retorika, Prabowo bisa dianggap tidak menyetujui reformasi dan bermaksud menjadikan Indonesia kembali seperti zaman orde baru. Mungkin Prabowo mengira, bahwa wacana Prabowo tersebut bisa menambah suara dari FKPPI.
 
capres Prabowo, rezim Soeharto, penculikan aktivis, aktivis 98, Adian Napitupulu, Titiek Soeharto, korupsi, Amien Rais,
Adian Napitupulu aktivis 98. Image: utama.seruu.com
Para aktivis 98 menolak tegas ide Prabowo untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada Soeharto. Pemberian gelar itu dinilai tidak pantas karena Soeharto dianggap sebagai pemimpin otoriter dan korup. "Kalau Soeharto pahlawan, siapa penjahatnya? Kita (aktivis) ini?" kata mantan aktivis 1998 Adian Napitupulu dalam diskusi 'Dilema Penegakan Hukum dan Politik' di Jokowi-JK Center, Halimun, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada tanggal 4 Juni 2014. 

Belum ada komentar Amien Rais, sesepuh Partai Amanat Nasional (PAN) tentang usulan Prabowo untuk memberikan gelar pahlawan nasional jika Prabowo berhasil menang sebagai presiden pada 9 Juli 2014. Apakah Amien Rais yang merupakan salah satu tokoh reformasi yang paling kontroversial ini juga setuju dengan ide Prabowo, yang didukung Amien Rais dan PAN sebagai calon presiden ini?  
capres Prabowo, rezim Soeharto, penculikan aktivis, aktivis 98, Adian Napitupulu, Titiek Soeharto, korupsi, Amien Rais,
Amien Rais ketika sibuk urusan poros baru. Image: news.detik.com

Apakah Amien Rais masih punya jiwa reformasi dalam dirinya, atau akan mendukung ide Prabowo kontroversi tersebut. Kita tunggu apa komentar tokoh poros tengah yang pernah menjegal Megawati Sukarno Putri sebagai presiden, bersama poros tengah yang digagasnya itu, namun pada proses koalisi di era pemilu 2014 ini, Amien Rais gagal menggagas terbentuknya Poros Tengah model baru, yang sempat diberi nama dengan Poros Indonesia Raya, namun "jualan" Amien Rais tersebut gagal total. 

Para pengamat dan para mantan aktivis 98, dan para mahasiswa yang terlibat pada proses reformasi dengan demonstrasi dengan korban mahasiswa Trisakti, dan belum jelasnya nasib para aktivis yang hilang di era 98 tersebut, maka ide Prabowo tersebut dianggap menyakiti hati para mantan aktivis 98 dan para mahasiswa yang berjuang untuk meruntuhkan rezim Soeharto yang dianggap anti demokrasi, dan dianggap sebagai rezim korup. 

Masyarakat kini punya referensi ketika melihat siapa tokoh-tokoh yang pantas dianggap sebagai tokoh reformasi yang mendukung demokrasi, dan mendukung penegakan hukum maupun anti korupsi. Pilihan rakyat akan dibuktikan pada pencoblosan 9 Juli 2014 nanti, siapa yang pantas dipilih sebagai presiden RI ke 7. 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren