Hot Topic

Debat Capres III tentang politik internasional dan ketahanan nasional

Indonesia adalah negara kepulauan dengan laut yang luas, bahkan memiliki pantai-pantai indah yang panjang. Pada debat capres ke 3, apakah Jokowi dan Prabowo akan memiliki pandangan sama atau berbeda dalam memandang posisi strategis Indonesia di antara dua benua dan dua samudra ini dalam politik luar negeri (internasional), dan bagaimana mereka akan mempertahankan kedaulatan NKRI dalam konteks ketahanan nasional yang kuat, berwibawa dan sekaligus bisa saling dukung dengan politik luar negeri untuk kesejahteraan bangsa dan rakyat Indonesia.
debat capres 2014, debat politik internasional, debat ketahanan nasional, Jokowi debat, Jokowi next obama, Prabowo di Yordania, moderator debat,
Jokowi blusukan dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Image: lensaindonesia.com

Meskipun kasus tabloid Obor Rakyat belum beres, namun proses pilpres 2014 berlangsung seru dengan debat capres yang disiarkan televisi. Debat capres ke 3 dilangsungkan pada hari Minggu, 22 Juni 2014 di Hotel Holiday Inn, Jakarta. 

Tema debat akan membahas politik internasional dan ketahanan nasional. Tema ini pun disebut-sebut menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi calon presiden Prabowo Subianto yang memiliki latar belakang dunia militer, namun Jokowi tidak kalah dengan pengalaman Prabowo. Jokowi telah sering mendapatkan kunjungan para duta besar negara sahabat sejak terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, bahkan sudah blusukan bareng dengan Perdana Menteri Belanda di Waduk Pluit.
 
debat capres 2014, debat politik internasional, debat ketahanan nasional, Jokowi debat, Jokowi next obama, Prabowo di Yordania, moderator debat,
Jokowi dan Prabowo pada debat sebelumnya. Image: tribunnews.com

Para pengamat mungkin lupa, ketika Jokowi masih aktif sebagai pengusaha mebel di Solo, mantan walikota Solo ini merupakan pengusaha mebel yang sering pameran di luar negeri, sehingga Jokowi sudah terbiasa dengan pengalaman internasional.



Pada saat pameran tentu Jokowi telah melakukan penjajagakan tentang potensi pasar di luar negeri. Untuk membuat pamerannya sukses, pasti dilakukan pula negosiasi dagang dengan para calon pembeli. Pengalaman tersebut merupakan modal penting untuk diplomasi internasional. Jika pada negosiasi perdagangan, maka sebagai pengusaha Jokowi pasti sudah siap dengan argumentasi dan fakta-fakta teknis dan non teknis tentang produk yang ditawarkannya. 


debat capres 2014, debat politik internasional, debat ketahanan nasional, Jokowi debat, Jokowi next obama, Prabowo di Yordania, moderator debat,
Penampilan Prabowo Subianto saat debat. Image: surabaya.bisnis.com
Terbukti Jokowi sukses melakukan eksport mebel ke berbagai negara. Seorang presiden ketika luar negeri juga pasti akan melakukan diplomasi ekonomi selain diplomasi politik, seni, budaya dan militer. Meskipun wajah Jokowi nampak ndeso, penggemar musik rock ini juga memiliki kharisma dan jiwa kepemimpinan (leadership) yang telah dibuktikan selama menjabat sebagai walikota Solo dua kali berturut-turut, juga memiliki ketegasan yang dialogis – dan telah dibuktikan Jokowi di Solo, maupun di Jakarta sebagai gubernur ibu kota RI.
 
debat capres 2014, debat politik internasional, debat ketahanan nasional, Jokowi debat, Jokowi next obama, Prabowo di Yordania, moderator debat,
Jokowi salam dua jari saat debat capres. Image: seruu.com
Prabowo Subianto tentu jago berbasa Inggris karena pada masa kecilnya pernah tinggal di luar negeri, dan pernah pula tinggal di Yordania setelah dipecat dari dinas keprajuritan (ABRI). Apakah selama Prabowo mengasingkan diri ke negara tersebut juga merupakan pengalaman berharga bagi capres nomor urut 1 ini untuk bisa tampil cemerlang pada debat capres dengan tema Politik Internasional dan Ketahanan Nasional ini? Pengalaman Letjen Prabowo sebagai danjen Kopassus barangkali bisa menjadi poin penting untuk membahas topik ketahanan nasional. 
 
debat capres 2014, debat politik internasional, debat ketahanan nasional, Jokowi debat, Jokowi next obama, Prabowo di Yordania, moderator debat, Barack Obama
Ketika Barack Obama berdebat dengan Mitt Romney. Image: dornsife.usc.edu
Jika kita ingat pada debat Barack Obama ketika pertama kali mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat, maka Obama pun diragukan kemampuannya dalam isu-isu dan permasalahan politik luar negeri, namun Obama bisa tampil dengan apik. Jokowi yang sering disebut sebagai the next Obama ini tentu sudah menyiapkan diri dengan berbagai referensi ditambah pengalamannya bernegosiasi di bidang bisnis, begitu pula pertemuannya dengan tamu-tamu penting dari luar negeri, dan para duta besar asing di Jakarta pasti telah menambah wawasan maupun gagasan Jokowi tentang politik internasional.
 
debat capres 2014, debat politik internasional, debat ketahanan nasional, Jokowi debat, Jokowi next obama, Prabowo di Yordania, moderator debat, Barack Obama
Kala Prabowo setuju dengan Jokowi pada debat kedua. Image: kabar24.com

Debat dengan tema Politik Internasional dan Ketahanan Nasional pada 22 Juni 2014 di Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat ini akan dipandu oleh Hikmahanto Juwana, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, sebuah perguruan tinggi ternama di Indonesia. Perdebatan penting ini akan berlangsung dengan menarik, seru, dan mungkin menegangkan karena semua kandidat presiden ini akan tampil solo, tanpa cawapresnya. Para penonton akan menyaksikan debat yang akan menunjukkan kemampuan asli dari Jokowi maupun Prabowo tanpa “bantuan” dari Jusuf Kalla untuk Jokowi, maupun Hatta Rajasa untuk Prabowo. 

Sang moderator, Profesor Hikmahanto Juwana telah siap dengan debat ini dengan mempelajari cara moderator pada dua debat sebelumnya. Pengalaman Prof Juwana sebagai guru besar di fakultas hukum ternama, begitu pula pengalamannya menjadi nara sumber di radio dan televisi tentu akan menambah bobot debat untuk capres 2014. Para penonton dan calon pemilih juga memandang penting debat ini karena masyarakat akan tahu sikap dan gagasan para capres tentang politik internasional dan ketahanan nasional. Begitu pula para pemimpin negara-negara asing akan mendapatkan informasi awal tentang cara pandang capres tentang hubungan internasional yang akan menjadi arah politik luar negeri Indonesia, termasuk di bidang ketahanan nasional.

 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren