Hot Topic

Cara unik kampanye capres 2014 jelang debat berikutnya

nobar, Prabowo naik helikopter, Jokowi kampanye di sawah, capres kampanye, debat capres 2014, relawan jokowi, deklarasi capres, rumah polonia
Jokowi bersama nelayan di Cilacap. Image: merdeka.com
Rakyat Indonesia kini akan disibukkan dengan piala dunia sepak bola 2014 di Brazil, dan debat capres menjelang pencoblosan 9 Juli 2014. Apakah akan ada nobar (nonton bareng) debat capres selain nobar piala dunia?

Di tengah berbagai isu dan kampanye hitam atau kampanye negatif, maupun riuhnya acara nonton bareng piala dunia sepak bola di Brazil – dan para pengamat olah raga pun bersaing dengan para pengamat politik atau bagaimana para tokoh partai juga asyik menjadi nara sumber piala dunia di televisi, tentu sekalian dikaitkan dengan kampanye jagoan masing-masin – para capres nomor urut 1 Prabowo Subianto tetap fokus untuk berkampanye di berbagai daerah, bahkan berjoged ketika menerima dukungan para seniman seperti Jaja Miharja. 
Prabowo naik helikopter, Jokowi kampanye di sawah, capres kampanye, debat capres 2014, relawan jokowi, deklarasi capres, rumah polonia
Prabowo mendarat di Cililin. Image: antaranews.com

Begitu pula Jokowi capres nomor urut 2 dengan semangat revolusi mental dan revolusi harmoni, juga berkampanye ke berbagai daerah, bahkan sampai ke Papua, meskipun penduduk di Irian Jaya tidak sepadat di Jawa. Tentu saja Jusuf Kalla cawapres Jokowi, dan Hatta Rajasa cawapres Prabowo juga berkampanye di berbagai daerah dengan bersemangat untuk mendulang suara.

Prabowo Subianto juga terbang dengan helikopter ketika kampanye di Lapangan Rancapanggung, Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat pada 13 Juni 2014.  Saat kampanye, Prabowo juga sekaligus bernostalgia dengan daerah dimana ia melakukan pendidikan Kopasus dahulu dan berjanji akan membuat masyarakat Kabupaten Bandung Barat sejahtera jika menang pada pilpres 9 Juli 2014.  Prabowo datang dengan menggunakan helikopter bersama beberapa tokoh lainnya, dan disambut Aher, Gubernur Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut Prabowo tanpa canggung juga sempat minum kopi dengan santai di sebuah warung.


Prabowo naik helikopter, Jokowi kampanye di sawah, capres kampanye, debat capres 2014, relawan jokowi, deklarasi capres, rumah polonia
Jokowi duduk di sawah mendengar keluhan petani. Image: nasional.kompas.com
Jokowi memenuhi janjinya ketika debat capres pertama, bahwa blusukan itu penting untuk mendengar suara rakyat. Ketika Jokowi singgah di tempat pelelangan ikan Pandanarang, Cilacap, Jawa Tengah, maka di pinggir pantai Teluk Penyu, Jokowi mendengarkan curahan hati nelayan. 

Dengan serius pula Jokowi mendengar keluh kesah para petani di Cilacap. Suasana kampanye berlangsung sederhana, namun Jokowi memanfaatkan acara tersebut dengan berdialog, sehingga mantan walikota Solo ini bisa mendengar keluhan dan kebutuhan nelayan dan para petani. Jokowi juga memperkenalkan kartu pintar dan kartu sehat yang akan diberlakukan secara nasional jika rakyat memilihnya sebagai presiden RI ke 7. Sebagaimana kita ketahui kartu pintar dan kartu sehat tersebut telah dijalankan di Jakarta.
  
Prabowo naik helikopter, Jokowi kampanye di sawah, capres kampanye, debat capres 2014, relawan jokowi, deklarasi capres, rumah polonia
Prabowo berjoget di rumah Polonia. Image: m.rmolsumsel.com
Prabowo mendapat sambutan baik di Cililin. Anis Matta, presiden PKS dan Aher tampak mendampingi Prabowo. Prabowo mengucapkan apresiasi atas sambutan dari masyarakat di Cililin. Mantan Danjen Kopassus ini senang berada di desa tersebut karena Cililin merupakan tempat latihan anggota Kopassus.

Pada saat Jokowi bertemu  para petani di Cilacap, petani mengeluhkan kelangkaan pupuk urea dan serangan hama yang menyerang tanaman padi mereka kepada Jokowi. Dari kampanye ini Jokowi bisa mengetahui tentang kelangkaan pupuk, dan rendahnya pendapatan petani. Selain mendengar keluhan para petani tentang kelangkaan pupuk, Jokowi juga mendengar keluhan para nelayan tentang isu kenaikan harga BBM untuk perahu mereka. Permasalahan para petani ini didengar dan akan diberikan jalan keluar jika Jokowi terpilih sebagai presiden bersama Jusuf Kalla sebagai wakil presiden.

Pada saat kampanye di Padalarang, Jokowi juga menerima dukungan deklarasi dari nelayan dan relawan. Dukungan tersebut diberikan oleh relawan yang menamakan dirinya Ikatan Relawan Ngapak Joko widodo (Ireng Jowo), sebuah nama yang unik dan merakyat.

Dari kampanye tersebut, baik Jokowi maupun Prabowo akan mendapatkan masukan berharga untuk melaksanakan debat kedua dan debat capres selanjutnya menjelang pilpres 9 Juli 2014. Yang menjadi harapan rakyat adalah, siapakah di antara mereka yang benar-benar telah mendengar dengan baik tentang keluhan dan masalah yang dihadapi para petani, nelayan dan masyarakat calon pemilih. Rakyat akan terus mengamati dengan hati nurani para capres maupun cawapres, terutama menjelang debat capres di televisi, baik yang berlangsung pada hari minggu, 15 Juni 2014 maupun pada debat berikutnya. Acara nonton bareng debat capres akan terjadi lagi, dan dilanjutkan dengan nonton bareng piala dunia. Dari piala dunia para kandidat dan semua pendukung, tim sukses, para relawan dan semua simpatisan para capres juga bisa sportif seperti para atlit sepak bola yang sedang berlaga di Brazil.


Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren