Hot Topic

Isu hak asasi manusia di tengah koalisi menuju Pilpres 2014

capres 2014, koalisi golkar gerindra, masalah ham, penculikan aktivis, pilpres 2014, Prabowo capres, Prabowo dan HAM,
Kivlan Zein. Image: id.wikipedia.org
Ada berita mengejutkan dari Mantan Kepala staf Kostrad Mayjen (purn) Kivlan Zen, yang juga caleg dari Partai Persatuan Pembangunan ini, tiba-tiba mengungkapkan kepada publik soal aktivis mahasiswa yang diculik dalam tragedi Mei 1998. Kivlan mengatakan peristiwa itu bukan sebuah penculikan, melainkan hanya 'double agent'.
 (Merdeka.com)  Menurut Wakil Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Yati Andriyani mengatakan, pernyataan Kivlan Zen di acara bincang-bincang di salah satu stasiun televisi swasta tentang penculikan aktivis 1997/1998 memiliki konsekuensi hukum (rmol.co)


capres 2014, koalisi golkar gerindra, masalah ham, penculikan aktivis, pilpres 2014, Prabowo capres, Prabowo dan HAM,
Para aktivis yang "diculik". Image: politik.kompasiana.com
Yang menjadi pertanyaan, kenapa Kivlan Zen baru mengungkapkan hal itu di tengah gencarnya pertemuan Prabowo Subianto, capres Partai Gerindra ini dengan Aburizal Bakrie alias ARB alias Ical dari Golkar. 

Setelah batalnya "pertunangan" alias koalisi antara Partai Persatuan Pembangunan dengan Gerindra untuk mendukung pencapresan Prabowo, kini Prabowo diberitakan akan dipanggil oleh Komnas HAM untuk memberikan kesaksian tentang penculikan 13 aktivis yang terjadi di era menjelang reformasi 1998 silam tersebut.

Apakah benar Prabowo bertanggung jawab pada penculikan tersebut, ataukah hanya Prabowo, mantan Danjen Kopasus yang bertanggung jawab?


Namun, pernyataan bekas Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen tentang kasus penculikan aktivis 1997/1998 menjadi harapan baru bagi keluarga korban untuk mendesak penegak hukum agar menyelesaikan tersebut. Kivlan mengaku siap menjadi saksi jika ada panitia yang menyelidiki kasus ini kembali. Namun mantan Panglima ABRI yang kini menjadi Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, enggan menanggapi kicauan Kivlan (Merdeka.com).
capres 2014, koalisi golkar gerindra, masalah ham, penculikan aktivis, pilpres 2014, Prabowo capres, Prabowo dan HAM,
Pertemuan Ical dan Prabowo di kediaman Prabowo. Image: jogja.tribunnews.com

Meskipun belum ada kepastian kapan Komnas HAM kapan akan memanggil Prabowo untuk memberikan kesaksian, namun Komisioner Komnas HAM Roichatul Aswidah mengungkapkan, Prabowo pernah diundang untuk memberikan keterangan terkait kasus penculikan aktivis pada tahun 2006, tetapi tidak terlaksana karena Prabowo tidak hadir. Sebagaimana diberitakan oleh nasional.sindonews.com, Roichatul mengatakan, Komnas HAM pernah sempat mengupayakan kembali pemeriksaan terhadap Prabowo. Namun, kata dia, pemeriksaan itu tak kunjung terwujud karena Pengadilan Negeri Jakarta tidak juga memberikan persetujuan pemanggilan paksa terhadap Prabowo.


capres 2014, koalisi golkar gerindra, masalah ham, penculikan aktivis, pilpres 2014, Prabowo capres, Prabowo dan HAM,
Salam komando Prabowo dan Wiranto. Image: yoralovita.com
Para keluarga korban tentu sangat berharap supaya kisah penculikan 13 aktivis tersebut bisa segera dituntaskan, karena sudah begitu lama mereka menantikan kepastian tentang keberadaan para aktivis tersebut, apakah mereka masih hidup atau sudah meninggal.

 Di era keterbukaan saat ini, sudah saatnya Prabowo Subianto, begitu pula Wiranto dan Kivlan Zen sudah saatnya memberikan informasi yang jujur atau klarifikasi supaya keluarga korban tidak hidup dalam penantian yang menyesakkan dada seumur hidup mereka, dan rakyat Indonesia pun berhak tahu tentang kisah memilukan tersebut dengan kepastian hukum, dan proses peradilan yang jujur, independen dan adil.

Kini saatnya Prabowo bisa menunjukkan sikap kesatria seorang prajurit, bahwa kebenaran sejarah bisa diklarifikasi dengan jujur. Jika Prabowo tidak bersalah, tentu bisa menjadi modal untuk kampanye pilpres 2014, dan bersaing dengan nyaman dengan capres 2014 lainnya.


Dengan adanya kisah tersebut di atas, kira-kira apa yang kini dipikirkan ARB? Begitu pula partai lainnya, apakah Gerindra masih menarik untuk dijadikan teman koalisi pada pilpres 2014 ini?

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren