Hot Topic

Daripada dicopot SBY, sebaiknya SDA mundur untuk menjadi contoh seperti Andi Malarangeng

Andi Mallarangeng, capres Prabowo, kasus dana haji, KPK, SBY akan copot SDA, SDA dicopot, SDA dipanggil SBY, SDA tersangka, revolusi mental jokowi,
SDA bersama SBY. Image: kemenag.go.id
SBY di akhir perjalanan kunjungna kenegaraan ke Manila mengatakan bahwa akan memanggil Suryadharma Ali, Menteri Agama pada hari Senin, 26 Mei 2014 sehubungan dengan status SDA sebagai tersangka kasus korupsi. 

Mensesneg Sudi Silalahi juga mengatakan bahwa kemungkinan SDA akan dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Agama. Selain pengamat, ICW (Indonesian Corruption Watch) juga meminta presiden Susilo Bambang Yudhoyono supaya memberhentikan SDA, sehinga kementrian agama bisa punya kinerja yang lebih baik. 


Andi Mallarangeng, capres Prabowo, kasus dana haji, KPK, SBY akan copot SDA, SDA dicopot, SDA dipanggil SBY, SDA tersangka, revolusi mental jokowi,
Ketika Andi Mallarangeng mundur. Image: radioaustralia.net.au
Kita masih ingat, Andi Mallarangeng langsung mengundurkan diri sebagai Menpora begitu ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi Hambalang. Andi tidak menunggu status terdakwa seperti para pejabat lain atau anggota DPR yang telah mendapat status tersangka dari KPK.

Berbeda dengan Andi Malarangeng yang dinilai lebih jantan atau lebih kesatria, maka SDA menolak untuk mundur. Kepada pers SDA dengan percaya diri mengatakan bawah SDA akan tetap menjalankan tugas untuk keberangkatan haji, padahal Suryadharma Ali telah dinyatakan sebagai tersangka korupsi yang berhubungan dengan dana haji seperti pemondokan haji, katering dan biaya berangkat untuk naik haji. 

KPK telah memiliki lebih dari dua alat bukti sebelum menetapkan seseorang sebagai tersangka. Tidak mungkin KPK mempertaruhkan reputasinya sebagai lembaga terpercaya sebagai penegak hukum dengan "salah faham" ketika memutuskan SDA sebagai tersangka. Istilah salah faham ini dikatakan oleh SDA pada wartawan di kantornya di kementrian agama.

Jika SDA dicopot, siapakah yang akan menggantikannya sebagai Menteri Agama?

Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden RI ke 6, dan juga semua presiden Indonesia sebelumnya memiliki hak prerogatif untuk mengangkat dan memberhentikan pembantunya atau menteri dalam kabinetnya, dalam kondisi apapun apalagi telah menterinya telah ditetapkan sebagai tersangka. Presiden bisa menggunakan alasan kuat misalnya SDA supaya bisa berkonsentrasi untuk menjalani proses pemeriksaan di KPK, dan proses hukum selanjutnya jika nanti SDA ditetapkan sebagai terdakwa, dan bisa fokus untuk mengikuti persidangan di Pengadilan Tipikor seperti Andi Mallarangeng. 

Budaya mundur di kalangan pejabat publik Indonesia memang sangat minim, dan kita sering melihat bagaimana para anggota DPR yang telah ditetapkan sebagai tersangka juga enggan untuk mundur dari fraksi apalagi mundur sebagai anggota DPR. Seandainya mereka mundur, maka mereka akan dianggap lebih ksatria dan bertanggung jawab, sebagaimana telah dibuktikan oleh mantan menpora, Andi Mallarangeng. Sepertinya Indonesia memang perlu ada revolusi mental seperti yang dimaksud oleh Jokowi, capres 2014. 
Andi Mallarangeng, capres Prabowo, kasus dana haji, KPK, SBY akan copot SDA, SDA dicopot, SDA dipanggil SBY, SDA tersangka, revolusi mental jokowi,
Capres Prabowo dan SDA. Image: tempo.co

Kita nantikan breaking news selanjutnya, apakah Suryadharma Ali akan mundur secara legowo sebagai Menteri Agama pada hari ini atau harus dicopot oleh SBY? Jika SDA dicopot siapakah yang akan ditunjuk oleh SBY untuk menggantikannya, apakah untuk sementara atau secara permanen di sisa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. 

Pertanyaan lainnya, apakah SDA juga akan diminta mundur sebagai ketua umum Partai Persatuan Pembangunan? Dan bagaimana nasib Suryadharma Ali  di koalisi Prabowo? Mungkinkah SDA juga akan dicopot sebagai juru kampanye pada pilpres 2014 ini?

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren