Hot Topic

Cara mencoblos pada pileg 9 April dan himbauan tidak golput

Contoh surat suara pileg 2014.
Jika anda masih bingung dengan cara mencoblos pada pemlihan umum legislatif pada 9 April 2014, maka anda perlu membaca informasi tersebut di bawah ini, dan para pemilik BlackBerry pada umumnya telah menerima pesan melalui BlackBerry Messenger baik secara pribadi maupun di group BBM. Jika anda belum menerima pesan penting itu, silahkan anda baca informasi penting berikut ini:

Info tentang cara mencoblos pada Pemilu 9 April 2014:
1. Tgl 9 April 2014 adalah libur Nasional. Datang ke TPS antara jam 7.00 sd 13.00 waktu setempat. Karena libur, tidak ada alasan anda untuk golput.



2. Bawa Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara (Model C-6) yg harusnya anda sdh terima saat ini dari KPPS di RT/RW anda. Jika belum sgr tanyakan RT anda.
Simulasi memasukkan kertas suara. Image: merdeka.com

3. Jika anda tdk memiliki SPPS (C-6) diatas, segera hubungi RT anda untuk bisa diberikan Surat Cadangan (jumlahnya terbatas disetiap KPPS). Atau bawa KTP saat anda hadir di TPS.
4. Jumlah partai ada 12 (no.urut 1 sd 10, dan 14,15) krn nomor partai 11,12 & 13 khusus di NAD/Aceh.
5. DKI akan menerima HANYA 3 lembar kertas suara (DPR, DPD, DPRD-tk.1), sedangkan kabupaten Tangsel dan wilayah sekitar DKI akan menerima 4 lembar.+ DPRD tingkat 2.
6. Daftar caleg kemungkinan hanya ditampilkan Nama saja, tidak berikut foto. Pastikan anda tau betul nama caleg pilihan anda.
7. Anda boleh mencoblos no/gbr Partai + nama caleg HARUS dari partai yg sama.


Celup jari ke tinta usai mencoblos. Image: satuharapan.com
Jika anda mencoblos nomor atau gambar partai yang BERBEDA dari partai caleg yg anda pilih, maka kertas suara anda GUGUR / BATAL atau Suara anda HILANG. Ini Penting sekali.
8. Saat di bilik suara, buka lembaran suara SATU per SATU. Jangan terburu-buru karena anda tidak dibatasi waktunya.
9.Setelah mencoblos, anda HARUS mencelup kelingking pada tinta sampai kuku kelingking terkena tinta, tidak boleh hanya kulit anda saja. 

Sangat penting anda baca lagi.  Jangan coblos caleg dan gambar partai yg berbeda. 
Jika anda tidak mengenal caleg, dan tidak punya calege sesuai pilihan anda, maka
PILIHLAH PARTAI PRESIDEN Pilihan anda. Oleh karena itu, c
obloslah gambar partainya saja pada setiap lembar suara. Kenapa anda harus mencoblos gambar partai jika anda tidak mencoblos nama caleg?


Sophia Latjuba kampanye Jangan Golput. Image: youtube.com
Jika pileg 9 April 2014 presiden pilihan anda partainya tdk memenuhi kuota 20 %, maka Presiden pilihan anda kemungkinan besar tdk bisa maju ke pilpres. Tentu sangat sayang jika capres pilihan anda tidak memenuhi syarat hanya gara-gara partai yang mengusungnya mendapat suara di bawah 20 persen, sehingga terpaksa harus berkwalisi, tentu kurang maknyus.

Jangan Golput. Let's vote.  Para pemuka berbagai agama telah menghimbau umatnya supaya semua pemeluk agama di Indonesia menggunakan hak pilih dengan cara mencoblos pada tanggal 9 April 2014, sehingga anda berhak protes jika anggota DPR atau DPRD atau DPD tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik, sehingga partisipasi nyata dengan cara mencoblos sangat penting. Kalau di negara-negara lain seperti di Australia rakyat yang telah berhak memilih, dan jika tidak melaksanakan hak pilih maka akan didenda.
MUI haramkan Golput. Image: cupidokidz.wordpress.com

MUI bahkan telah mengeluarkan fatwa bahwa golput adalah haram, dan meminta umat Islam supaya mencoblos pada tanggal 9 April 2014.

Pemilu 2014, baik pileg maupun pilpres adalah saat tepat untuk menciptakan perubahan dalam politik, ekonomi, hukum dan ketahanan Indonesia di segala bidang, sehingga impian untuk mencapai Indonesia hebat dan sejahtera bisa terwujud. 

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren