Hot Topic

Heboh Mahkamah Konstitusi menjelang Pemilu 2014

Akil Mochtar, Mahkamah Konstitusi, korupsi, anggota DPR, KPK
AM dengan seragam tahan KPK. Image: berita.plasa.msn.com
Mahkamah Konstitusi, yang konon merupakan lembaga peradilan tertinggi terhormat dan termodern di Asia Tenggara kena getah pahit setelah ketuanya yang bernama Akil Mochtar tertangkap tangan oleh KPK karena dugaan kasus suap.

Jika sengketa pemilu dan pilkada diputuskan dengan suap, alangkah ternodanya demokrasi di Indonesia. Money talk. Ada uang, maka bisa sukses menjadi bupati, walikota, bupati, gubernur, bahkan kalau ada sengketa pada pemilihan umum presiden. Lalu, rakyat dipimpin oleh pemimpin yang telah menyuap, maka bisa dipastikan sang pemimpin pun akan mudah untuk disuap setelah nanti berkuasa.


suap pilkada, korupsi, MK, Ratu Atut
Ratu Atut.
Pemilu 2014 tidak lama lagi akan dimulai. Mahkamah Konstitusi yang mempunyai wewenang untuk membatalkan undang-undang ini pun akan kebagian pekerjaan di 2014 jika ada sengketa Pemilu dan Pilkada. Apakah kita masih bisa percaya dengan para hakim yang tersisa saat ini setelah ketuanya masuk tahanan KPK? Masyarakat pun pasti ragu.

Demokrasi dan hukum di Indonesia memang banyak kemajuan, namun adanya kasus korupsi dan suap di berbagai lembaga (dilakukan oleh para oknum yang terhormat), maka sulit untuk mempercayai lembaga seperti DPR, MA, kejaksaan, pengadilan dan kini MK. Apakah perlu dilakukan penggantian para leader di berbagai lembaga dengan cara extra ordinary?

Dinasti politik di Banten yang dimotori oleh keluarga Ratu Atut, sang gubernur Banten, barangkali juga akan mengungkap berbagai kasus serupa di daerah lain.Rupanya kita hanya masih bisa percaya pada KPK. Kita tunggu saja kejutan lain dari KPK supaya korupsi bisa dicegah dan diberantas. 

Kasus Dinasti Ratu Atut barangkali bisa membuka berbagai kasus serupa di daerah lain. Apakah anda punya informasi? Ayo laporkan ke KPK.

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Shin Tae Yong Dari Panggung Kecil Wujudkan Impian Penggila Sepak Bola Indonesia

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Indonesia Keren