Hot Topic

Demokrat walk out, maka sirnalah demokrasi langsung dalam Pilkada

dukung pilkada langsung, Amien Rais, Prabowo Hatta, kedaulatan rakyat dirampok, tolak pilkada oleh DPRD, SBY di youtube, demokrat walk out
Suasana sidang paripurna RUU Pilkada. Image: kabar24.com
Bukan hanya karena Koalisi Merah Putih demokrasi telah tewas di Indonesia, melainkan sangat ditentukan pula oleh walk out Fraksi Partai Demokrat pada sidang paripurna RUU Pilkada di Senayan. SBY pun gagal menjaga demokrasi di Indonesia. Begitu pula Amien Rais, statusnya sebagai bapak reformasi perlu dipertanyakan. 

Langit demokrasi di Indonesia kembali mendung setelah koalisi merah putih berhasil memenangkan ambisinya untuk mengesahkan RUU Pilkada dengan pemilihan tidak langsung, sehingga para kepala daerah seperti gubernur, bupati dan walikota akan dipilih di ruang sidang paripurna DPRD provinsi, kabupaten atau kota. 

Apakah ini merupakan akhir dari nikmatnya demokrasi langsung yang selama ini dipuji dunia, bahkan sangat dibanggakan oleh SBY ketika menyampaikan pidato kenegaraan terakhirnya pada 17 Agustus 2014, dan dijadikan sebagai salah satu poin keberhasilan SBY sebagai presiden yang memerintah dua kali berturut-turut melalui pemilihan umum langsung. SBY adalah produk dari demokrasi langsung. 
dukung pilkada langsung, Amien Rais, Prabowo Hatta, kedaulatan rakyat dirampok, tolak pilkada oleh DPRD, SBY di youtube, demokrat walk out
Ridwan Kamil & anggota Apeksi dukung Pilkada langsung. Image: beritasatu.com

Fraksi Partai Demokrat memutuskan untuk walk out dari rapat paripurna RUU Pilkada, pada tengah malam, 25 September 2014. Keputusan ini diambil Demokrat lantaran 10 syarat yang diminta tidak diakomodir dalam RUU tersebut, padahal SBY melalui youtube telah mengisyaratkan supaya anggota DPR dari Partai Demokrat supaya mendukung Pilkada secara langsung oleh rakyat. 

Kini terbukti kedaulatan rakyat telah dirampok oleh segelintir elitie di parlemen dan di partai politik. Indonesia yang telah hampir 10 tahun hidup dalam pemilihan langsung khususnya dalam pemilihan kepala daerah, dari tingkat walikota, bupati dan gubernur, bahkan presiden telah dipilih secara langsung, dan pemenang pertamanya adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Amien Rais menyatakan, bahwa "Para pemilih Prabowo - Hatta lebih terdidik dan tercerahkan"


dukung pilkada langsung, Amien Rais, Prabowo Hatta, kedaulatan rakyat dirampok, tolak pilkada oleh DPRD, SBY di youtube, demokrat walk out
SBY "dukung" Pilkada langsung di Youtube. Image: nasional.kompas.com
Kini SBY telah dianggap bersikap mendua karena perintahnya supaya anggota partai Demokrat yang ada di parlemen tetap memilih pemilihan langsung oleh rakyat dalam setiap Pilkada, ternyata SBY gagal membuktikan ucapannya sendiri bahwa SBY mendukung Pilkada langsung. 

Gaya walk out hanya bukti bahwa Partai Demokrat telah cuci tangan dalam pembahasan RUU Pilkada. Suara mayoritas rakyat, begitu pula para aktivis demokrasi di Indonesia sangat menolak Pilkada dilakukan oleh DPRD. 
dukung pilkada langsung, Amien Rais, Prabowo Hatta, kedaulatan rakyat dirampok, tolak pilkada oleh DPRD, SBY di youtube, demokrat walk out
Amien Rais mendengar suara siapa? Image: merantionline.com

Amien Rais dalam silahturahmi calon DPR yang disiarkan langsung oleh TV One pada hari Jumat, 26 September 2014 nampak sangat bangga dan gembira dengan kemenangan Koalisi Merah Putih untuk mengubah Pilkada dari langsung oleh rakyat, dan kembali seperti jaman Orba, dimana para kepala daerah akan dipilih segelintir orang yang kebetulan merupakan "wakil rakyat" di DPRD. 

Proses Pilkada oleh DPRD ini telah ditolak pula oleh para walikota, wakil gubernur dan gubernur yang terpilih langsung oleh rakyat. Silahturahmi itu dihadiri pula oleh para tokoh Koalisi Merah Putih seperti MS Kaban (PBB), ARB, Anies Mata, Hatta Rajasa, Akbar Tanjung dan anggota DPR baru dari koalisi Merah Putih. 

Pada kesempatan silahturahmi itu, Amien Rais dengan jumawa juga menyebut bahwa para pemilih Prabowo - Hatta pada pilpres 2014 adalah pemilih yang terdidik dan tercerahkan. Dengan demikian Amien Rais yang konon merupakan bapak reformasi ini telah menggangap pemilih Jokowi - JK sebagai pemilih yang lebih rendah tingkat pendidikannya atau belum tercerahkan. Apakah Amien Rais sudah melakukan penelitian yang sungguh-sungguh tentang kecerdasan para pemilih, baik rakyat yang memilih Prabowo - Hatta maupun para pemilih Jokowi - JK. 

Untuk sementara rakyat telah "dikalahkan" di gedung DPR oleh para anggotanya yang tiba-tiba rajin untuk bersidang, padahal biasanya ruang sidang paripurna lebih sering lengang. Rupanya sidang paripurna RUU Pilkada merupakan arena penting untuk koalisi merah putih, sehingga mereka rela begadang sampai jam 2 dinihari. 
dukung pilkada langsung, Amien Rais, Prabowo Hatta, kedaulatan rakyat dirampok, tolak pilkada oleh DPRD, SBY di youtube, demokrat walk out
Demo Dukung Pilkada Langsung. Image: memoarema.com

Dari New York, Amerika Serikat, SBY mengaku kecewa dengan hasil sidang dini hari tersebut, bahkan ingin ikut melakukan gugatan, misalnya ke MK atau Mahkamah Agung (MA). Benarkah SBY asli kecewa? 
Apakah SBY tulus untuk membatalkan Undang-Undang tentang Pilkada yang kini akan dilakukan kembali oleh DPRD? 


Sebagaimana dikutip pada nasional.kompas.com, pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Arie Sudjito mengatakan, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono harus bertanggung jawab dengan pilihan politik partainya pada sidang paripurna pengesahan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah, Jumat (26/9/2014) dini hari, dimana Demokrat memilih walk-out, sehingga apa yang telah diucapkan atau diisyarakatkan pada wawancara di Youtube bahwa SBY lebih menghargai pemilihan umum kepala daerah secara langsung oleh rakyat. 

Akibat aksi walk out anggota partai Demokrat, maka SBY telah gagal untuk membuktikan dukungannya pada Pilkada langsung oleh rakyat. Aksi demokrat ini telah menimbulkan kekecewaan mendalam di hati rakyat. Tidak heran bila SBY mendapat kecaman di media sosial seperti twitter, dan  telah menjadi trending topic di twitter. Kini rakyat akan terbuka mata hatinya, bahwa beberapa partai yang telah memasung demokrasi langsung di Indonesia sepertinya tidak pantas untuk dipilih pada pemilu 2019. 

Meskipun kedaulatan telah direnggut pada sidang paripurna RUU Pilkada pada 25 September 2014, rakyat masih punya peluang besar untuk kembali merebut kedaulatan rakyat dengan cara konstitusional melalui Mahkamah Konstitusi (MK). Rakyat Indonesia yang telah menikmati demokrasi langsung dari tingkat presiden, gubernur, bupati sampai walikota tentu lebih bahagia bila kembali memilih para pemimpinnya secara langsung, bukan dilakukan sekelompok wakil rakyat saja. 

Untuk kesekian kalinya, para hakim di MK akan diuji jiwa kenegarawanan mereka, apakah mereka akan memenangkan kembali kedaulatan rakyat supaya rakyat bisa memilih para pemimpin mereka secara langsung?

Komentar

Topik Hangat

Sejarah dan Makna Puasa Ramadhan: Menyucikan & dan Meningkatkan Spiritualitas Umat Islam di Seluruh Dunia

HM Darmizal: Umroh Milenial Diluncurkan ICMI Travel | Kejutan Baru Di Era Digital

Muncul nama Ridwan Kamil & Ahmad Sahroni sebagai Cagub pada Pilkada Jakarta 2024. Bagaimana dengan Kaesang?

Pilkada DKI Jakarta 2024 Bakal Seru. PDI Perjuangan Calonkan Siapa?

Rekam Jejak Anies Baswedan: Analisis Sebelum Pemilihan Presiden 2024

Makan Siang & Susu Gratis: Antara Pro Kontra & Dampaknya Pada Masyarakat & Negara

Gibran, Mahfud MD & Cak Imin: Mampukah Merayu Calon Pemilih Pada Debat Cawapres?

Rekam Jejak Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024

Indonesia Keren